Bola  

5 Alasan Timnas Jepang Disebut Kalah Dengan Terhormat di Piala Dunia 2022, Sampai Banjir Pujian

Bertanding di Al Janoub Stadium pada hari Senin 5 Desember 2022 malam WIB kemarin, Timnas Jepang bermain dengan hasil imbang 1-1 saat melawan Kroasia dalam waktu pertandingan normal. Karena itulah pertandingan antara Jepang vs Kroasia mendapat perpanjangan waktu.

Gol tunggal pertama kali diciptakan oleh Timnas Jepang melalui Daizen Maeda saat laga bergulir di menit ke 43. Namun pada akhirnya gol tersebut dibalas oleh Ivan Perisic di menit ke 55.

Dalam babak adu penalti, Dominik Livakovic selaku kiper Kroasia mampu menghalau sampai 3 tendangan penalti dari pemain Timnas Jepang. Inilah yang menyebabkan Kroasia menang atas Jepang dengan skor akhir 3-1.

Walaupun Jepang harus mengakhiri perjalanannya di babak 16 besar, banyak yang menaruh rasa hormat terhadap tim berjulukan Samurai Biru tersebut. Mengapa demikian? Berikut ini ada beberapa alasan di baliknya.

1. Jepang Mampu Mengalahkan Juara Piala Dunia 2014

Pada pertandingan pembuka grup E Piala Dunia 2022, secara mengejutkan Jepang mampu mengalahkan tim raksasa sekuat Jerman yang menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil. Kejutan di pertandingan pembuka tersebut menarik perhatian banyak suporter yang berasal dari seluruh dunia.

2. Mampu Mengalahkan Juara Piala Dunia 2010

Setelah kalah dengan skor 0-1 dari Kota Rika di pertandingan kedua Grup E, Jepang kembali membuat kejutan di laga terakhir. Bagaimana tidak, Jepang berhasil mengalahkan sang juara Piala Dunia 2010 yakni Spanyol.

3. Lolos ke 16 Besar Sebagai Juara Grup E

Dua kemenangan mengejutkan tim Samurai Biru melawan Spanyol dan Jerman membuat Jepang menjadi juara grup E dengan perolehan 6 poin. Samurai Biru pun sukses mengungguli Spanyol dan Jerman yang menjadi runner up grup dengan perolehan 4 poin saja.

4. Menahan Imbang Finalis Piala Dunia 2018

Walaupun dikalahkan oleh Kroasia dalam babak 16 besar, Jepang banjir pujian karena mampu bermain imbang di waktu laga normal 90 menit dan perpanjangan waktu sampai 30 menit melawan Kroasia selaku finalis Piala Dunia 2018.

5. Pelatih Jepang Membungkuk di Hadapan Para Penggemar

Setelah kekalahan adu penalti dari Kroasia, Hajime Moriyasu selaku pelatih Timnas Jepang tampak membungkuk untuk meminta maaf kepada suporter lantaran gagal menang. Hal inilah yang membuat suporter di sosial media mengapresiasi aksi sang pelatih yang dinilai jarang terlihat di pertandingan sepakbola.