Bola  

Piala Dunia 2022: Lionel Messi Aktor Utama, Cristiano Ronaldo Figuran?

Ajang bergengsi Piala Dunia 2022 sudah memasuki babak semifinal. Terdapat 4 tim yang telah memastikan posisi mereka di babak semifinal tersebut antara lain Prancis, Argentina, Kroasia dan Maroko.

Bagi sebagian orang, seharusnya Timnas Portugal bukan Maroko yang masuk ke babak semifinal. Para penggemar menantikan adanya pertemuan antara dua pesepakbola yang disebut terbaik di dunia saat ini yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Tetapi harapan para penggemar tak dapat menjadi kenyataan di Piala Dunia 2022.  Bagaimana tidak, Messi dan kawan-kawan berhasil lolos ke babak semifinal, sedangkan langkah Ronaldo dan timnya harus berhenti di perempat final setelah kalah dari Timnas Maroko dengan selisih gol tipis hanya 0-1.

Terlepas dari kegagalan keduanya bertemu di lapangan hijau, ada beberapa catatan statistic dari penampilan kedua pemain yang dapat dibandingkan untuk melihat siapa di antara Messi dan Ronaldo yang mempunyai penampilan di Piala Dunia kali ini.

Peran Messi dan Ronaldo di Piala Dunia 2022

Peranan Messi dan Ronaldo dalam timnya masing-masing dapat dikatakan kontras. Messi bisa dibilang mendapat peran utama di tim Tango.

Sedangkan peran Cristiano Ronaldo bersama dengan Timnas Portugal sudah tak lagi sentral. Hingga di babak perempat final, Messi bermain sampai 480 menit dalam 5 pertandingan.

Dalam semua pertandingan tersebut, dia menjadi starter. Selain itu Messi juga bermain penuh dalam 5 laga dan termasuk ikut dalam adu penalti di babak perempat final saat melawan Timnas Belanda.

Sementara itu, Ronaldo juga sama-sama bermain dalam 5 pertandingan bersama Timnas Portugal di ajang Piala Dunia kali ini. Kendati demikian Ronaldo hanya mencatatkan selama 291 menit bermain.

Dalam lima pertandingan tersebut, Ronaldo 3 kali tampil sebagai starter. Sedangkan sisanya dia bermain sebagai pengganti.

Selain itu pemain berusia 37 tahun itu tidak satu kalipun bermain penuh sepanjang keikutsertaannya di ajang Piala Dunia 2022.

Secara perolehan, Messi tergolong lebih unggul dari Ronaldo. Sampai sejauh ini, Messi telah mencetak 4 gol termasuk dua gol dari titik penalti.

Sedangkan untuk Ronaldo, dari 290 menit bermain, dia hanya mencetak satu gol. Adapun gol ini dicetak pada pertandingan melawan Timnas Ghana di babak penyisihan grup ajang Piala Dunia 2022 lalu.