Bola  

Asnawi Mangkualam Bertekad Tampil di K League 1, Kini Harga Pasarnya Tembus Sampai 5 Miliar

Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam

Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam bermimpi dapat bertanding di kasta tertinggi sepak bola Korea Selatan atau K League 1. Hal ini memang sudah menjadi ambisi besarnya semenjak pertama kali menginjakkan kaki di negara Korea Selatan.

Dua musim telah dilalui oleh Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners yang berkompetisi di ajang K League 2. Perlahan namun pasti, dia terlihat sudah dapat beradaptasi dengan iklim sepak bola di Korea Selatan.

Pada musim keduanya, mantan PSM Makassar itu selalu menjadi andalan tim di banyak kejuaraan. Asnawi Mangkualam terlibat dalam 26 pertandingan bersama Ansan Greeners di kompetisi K League 2.

Bahkan pemain muda berusia 23 tahun ini sukses mencatatkan sampai 2 gol dan 2 assist untuk tim Ansan Greeners. Bagi Asnawi hal ini baru permulaan lantaran mimpinya tampil di kasta tertinggi.

“Tujuan saya dapat memberi kontribusi untuk tim, tentunya saya bisa bermain dalam level tertinggi di Korea Selatan.” Kata Asnawi Mangkualam dilansir dari channel YouTube resmi K League pada hari Sabtu 22 Oktober 2022.

Sebelumnya, Asnawi Mangkualam sempat dirumorkan merapat ke dalam tim K League 1 Jeonbuk Hyundai. Tetapi dia masih terikat kontrak dengan Ansan sampai akhir musim 2023. 

Oleh karena itu, Asnawi belum ingin berkomentar lebih jauh. Fokusnya pada saat ini adalah berkontribusi untuk Ansan Greeners.

“Saya mempunyai kontrak dengan Ansan Greeners. Masih ada waktu kontrak yang tersisa jadi tentu saja Ansan yang mesti didahulukan.” Tambahnya.

Hal ini wajar mengingat Ansan Greeners membeli Asnawi dari PSM Makassar setelah dia bersinar bersama Timnas Indonesia pada saat itu. Tercatat, saat ini rilis harga pasaran untuk pemain yang lahir pada tanggal 4 Oktober 1999 di Makassar ini mencapai Rp 5,65 miliar. 

Sebagai informasi, Asnawi Mangkualam menjadi salah satu pemain andalan dalam Timnas Indonesia yang cukup baik dalam melakukan transisi baik bertahan dan menyerang atau sebaliknya. Tak hanya Asnawi, ada lagi sejumlah pemain yang berkarir di luar negeri seperti Elkan Baggott, Pratama Arhan, Witan Sulaeman  dan Egy Maulana Vikri dengan prestasinya masing-masing di klub.