Bola  

Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-16 Lebih Buruk Dari Tim Kecil di ASEAN Usai Tak Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Timnas Indonesia U-16
Timnas Indonesia U-16

Media Vietnam memberikan sorotan cukup sinis terhadap kegagalan Timnas Indonesia U-16 dalam melangkah ke babak final Piala Asia U-17 2023. Bahkan mereka menyebut skuad Garuda Muda gagal dengan memalukan.

Memang kegagalan Timnas Indonesia U-16 untuk mendapat tiket ke babak final Piala Asia U-17 2023 sangat mengecewakan. Apalagi ada banyak masyarakat Indonesia yang mendukung penuh sepak bola nasional.

Diketahui, pada ajang terakhir babak Kualifikasi Grup B ajang Piala Asia U-17 yang berlangsung di stadion Pakansari, Timnas Indonesia U-16 secara mengejutkan kalah telak dengan skor 1-5 dari Malaysia pada hari Minggu 9 Oktober kemarin.

Kekalahan Timnas yang dialami oleh pasukan Bima Sakti ini berujung gagalnya skuad Garuda Asia menjadi juara Grup B. Bukan hanya itu, Timnas Indonesia juga tidak masuk menjadi 6 tim runner up terbaik membuat media Vietnam memberikan komentar sinis.

Salah satu media Vietnam yakni Thethao247 menyebut bahwa hasil pertandingan melawan Timnas Malaysia U-16 sangat memalukan untuk Timnas Indonesia. Bukan itu saja, media Vietnam tersebut juga menyebut bahwa Indonesia lebih buruk dari tim kecil yang ada di ASEAN.

Dalam ulasannya itu, media Vietnam TheThao247 menyebut bahwa Timnas Indonesia U-17 lebih buruk dari Timnas Laos U-17 yang secara peringkat masih berada di atas skuad Garuda Asia.

Faktanya, Laos merupakan salah satu wakil ASEAN bersama Thailand, Vietnam dan Malaysia yang berhasil lolos ke babak final ajang Piala Asia U-17 2023.

“Dengan melihat fakta ini, menunjukan bahwa Laos memperlihatkan perkembangan sepak bola muda yang cukup baik.” Papar media Vietnam tersebut. Lebih lanjut mereka mengungkap, kegagalan Timnas Indonesia U-17 menjadi sinyal melambatnya perkembangan sepak bola muda Indonesia.

Kegagalan untuk lolos ke babak final Piala Asia U-17 2023 mengulang catatan buruk yang dialami Timnas Indonesia pada tahun 2018 lalu. Kala itu, Garuda Asia tampil di ajang Piala Asia U-16 2018 di Malaysia dan berhasil menembus babak perempat final saj.

Sejatinya pada tahun 2019 lalu, Timnas Indonesia U-16 yang dilatih oleh Bima Sakti sukses lolos ke Piala Asia U-16 2023. Kendati demikian turnamen itu dibatalkan oleh pihak AFC lantaran adanya pandemi Covid-19.