Bola  

Statistik Cemerlang Marselino Ferdinan: Setara Dengan Gavi dan Jadi Andalan Timnas Indonesia

Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan

Sebelumnya, media ternama Inggris yaitu The Guardian sempat mengejutkan publik tanah air. Bagaimana tidak, kala itu mereka memasukkan nama gelandang Timnas Indonesia yaitu Marselino Ferdinan dalam jajaran 60 wonderkid di seluruh dunia tepat tahun 2021 lalu.

Bahkan Marselino Ferdinan disejajarkan dengan para pemain muda hebat di Eropa seperti Youssoufa Moukoko sampai Gavi. Adapun nama terakhir bahkan baru saja menyabet piala Copa sebagai pemain muda terbaik di seluruh dunia pada tahun ini dan mengartikan bukan pemain sembarangan yang bisa masuk dalam daftar tersebut.

Media The Guardian merilis nama Marselino Ferdinan tepat sebelum pemain berusia 18 tahun itu mencetak gol perdananya di kompetisi resmi secara sensasional ke gawang milik Arema FC. Sejak kemunculannya pada tahun lalu, pesepakbola kelahiran Jakarta tersebut sudah tidak lagi menengok ke belakang.

Dia menjadi bagian integral di dalam klub Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia juga tim kelompok umur. Selain itu, sudah ada banyak pencapaian yang diraih oleh pemain kelahiran Jakarta tersebut dengan tim Merah Putih.

Tantangan Rumit Laga Debut Marselino Ferdinan

Sebelumnya Timnas Indonesia U-20 menghadapi tantangan yang unik di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023 dan memaksa tim untuk menjalani dua pertandingan beruntun melawan Australia. Meskipun gagal menuju babak berikutnya, Marselino tetap dapat bermain baik di dalam dua leg sekaligus.

Inilah awal kemunculannya di pentas internasional. Setelah itu Marselino kembali dilibatkan pada ajang SEA Games 2022 dan mampu bermain dengan apik di semua pertandingan yang dijalankan.

Kala itu dia mencatatkan dua gol dan satu assist krusial yang ditujukan kepada Ronaldo Kwateh ketika menghadapi Timnas Malaysia U-23 pada perebutan posisi ketiga. Selain itu dia juga menjadi salah satu algojo yang berhasil dalam drama adu penalti dan sukses dimenangkan oleh Timnas Indonesia.

Walaupun sempat mengalami kegagalan di ajang Piala AFF U-19 2022, rupanya itu menjadi lecutan semangat juang Marselino dkk. Mereka pun tidak lagi menjadi pecundang ketika melakoni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang dilangsungkan di Indonesia.

Sempat mengalami cedera membuat Shin Tae Yong tidak memforsir tenaga Marselino Ferdinan dan dengan pintar memasukkannya hanya di momen krusial. Berkat tenaga yang lebih segar, dia berkali-kali menjadi pembeda dan tiga golnya sukses membantu Timnas Indonesia menembus ajang Piala Asia U-20 2023.