Berita  

Doni Zola Ungkap Ada Grup WA Berisikan Para Pelatih Anti Shin Tae-yong. Sampai di Sorot Media Asing

Shin Tae Yong

Suporter ID – Sebuah video beredar di media sosial yang menampilkan pelatih futsal Junika Rahmat Ramadhan, atau lebih dikenal sebagai Doni Zola, membuka rahasia bahwa ia bergabung dalam Grup WhatsApp anti pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Doni Zola mengklaim bahwa grup tersebut diisi oleh sejumlah pelatih yang tidak menyukai arsitek yang sempat menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Doni Zola mengatakan bahwa beberapa pelatih merasa bahwa Shin Tae-yong gagal dalam beberapa aspek, termasuk dalam masalah naturalisasi pemain.

Video tersebut membuat heboh media sosial, terutama di Instagram, dengan pendukung Shin Tae-yong yang merasa kesal dan menyerang Doni Zola.

Namun, Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nova Arianto merespons bahwa ia tidak tahu mengenai grup tersebut, tetapi ia merasa bahwa pendapat pro dan kontra dalam sepak bola sangat wajar dan bahwa semua orang memiliki tujuan yang sama untuk melihat Timnas Indonesia meraih prestasi.

Isu ini bahkan menjadi viral di media sosial dan media Malaysia, Vocketfc, menulis artikel khusus yang membahas polemik ini.

Vocketfc mengulas perjalanan karier Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia dan meskipun ia belum pernah membawa Indonesia meraih trofi, pelatih asal Korea Selatan ini berhasil memajukan sepak bola Tanah Air.

Sebagai contoh, ranking FIFA Timnas Indonesia naik dari 177 ke 149 dunia, dan ia membawa Garuda lolos ke Piala Asia 2023 setelah 18 tahun absen.

Kendati kontrak Shin Tae-yong akan berakhir pada bulan Desember mendatang, banyak yang berharap agar ia terus melanjutkan karirnya sebagai pelatih Timnas Indonesia.