Berita  

Bundesliga dan Dortmund Kunjungi PSSI: Perkuat Kerja Sama untuk Masa Depan Sepak Bola Indonesia

Kerjasama DFL Bundesliga dengan PSSI
Kerjasama DFL Bundesliga dengan PSSI

SUPORTER ID – Perwakilan Bundesliga dan Borussia Dortmund melakukan kunjungan ke kantor PSSI di GBK Arena Senayan, Jakarta pada 17-18 Juni 2023.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kerja sama antara PSSI dan Deutsche Fussball Liga (DFL) atau Liga Sepakbola Jerman yang telah dilakukan sebelumnya.

Rombongan Bundesliga dan Borussia Dortmund terdiri dari empat orang, yaitu Christian Diercks sebagai Kepala Akademi Borussia Dortmund, Dennis Kittel sebagai Kepala Penjualan dan Proyek Strategis Bundesliga International, Verena Leidinger sebagai Manajer Internasional dan Bisnis Baru Borussia Dortmund, serta Tizian Ibach sebagai Manajer Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Bundesliga International.

Pada hari Senin (17/7), Wakil Ketua Umum Ratu Tisha Destria menerima rombongan tersebut dan langsung melakukan pertemuan dan diskusi.

Kedua belah pihak membahas kompetisi terutama di bidang usia muda di Indonesia, serta pengembangan dan pembinaan pemain dalam kompetisi.

Hari ini, pada Selasa (18/7), rombongan Bundesliga dan Borussia Dortmund melakukan kunjungan ke sesi latihan tim U-17 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Mereka didampingi oleh Direktur Teknik Indra Sjafri. Setelah itu, rombongan tersebut diterima oleh Wakil Ketua Umum Zainudin Amali yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal Yunus Nusi, dan dilakukan pertemuan.

“Kami mengapresiasi kedatangan perwakilan Bundesliga dan Borussia Dortmund. Hari ini kami telah melakukan banyak diskusi mengenai pengembangan sistem kompetisi, timnas, organisasi, dan hal lainnya,” kata Zainudin Amali.

Sebagai informasi, pada tanggal 7 Juni sebelumnya, Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Exco PSSI Arya Sinulingga telah mengunjungi markas DFL di Frankfurt, Jerman untuk menjalin kerja sama dan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) demi memperkuat sepak bola Indonesia.

Penguatan tersebut difokuskan pada dua bidang utama, yaitu pertama, peningkatan kapasitas teknis dan keahlian olahraga, dan kedua, peningkatan struktur liga dan klub.

Dalam MoU tersebut, DFL dan PSSI berkomitmen untuk menyelenggarakan pelatihan dan bekerja sama dalam pemasaran, serta mendukung kegiatan inti dalam dunia sepak bola.