Berita  

Kehilangan Enam Pemain Kunci, STY Kesulitan Menyusun Tim untuk Piala AFF U-23 2023

Kehilangan 6 Pemain Kunci Bikin STY Pusing
Kehilangan 6 Pemain Kunci Bikin STY Pusing (PSSI)

Suporter ID – Piala AFF U-23 2023 yang akan diadakan di Thailand pada 17-26 Agustus 2023 semakin mendekat.

Namun, Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-23, menghadapi kesulitan karena absennya enam pemain andalan dalam skuadnya.

Dalam pengumuman skuad yang baru saja dilakukan, Shin Tae-yong tidak bisa memanggil para pemain yang bermain di luar negeri.

Hal ini disebabkan karena mereka saat ini sedang bermain untuk klub masing-masing dan tidak bisa dilepaskan untuk bergabung dengan Timnas.

Beberapa pemain yang tak dapat ikut serta dalam Piala AFF U-23 2023 adalah Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Elkan Baggott (Ipswich Town), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Ivar Jenner (Jong Utrecht).

Tidak hanya pemain dari luar negeri, pemain yang aktif di Liga 1 2023-2024 juga tidak bisa dimasukkan dalam skuad.

Salah satu contohnya adalah Witan Sulaeman yang merupakan pemain andalan Persija Jakarta dan menjadi favorit pelatih. Namun, ia tidak akan berpartisipasi dalam turnamen ini.

Alasan tidak dipanggilnya Witan Sulaeman masih belum jelas. Meski performanya bersama Persija Jakarta sangat baik, dengan empat assist dari enam pertandingan, ada kemungkinan ia mengalami masalah cedera otot.

Selain itu, spekulasi juga muncul bahwa keputusan ini mungkin merupakan hasil dari diskusi antara tim pelatih Persija Jakarta dan Timnas Indonesia.

Rencananya, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 akan dimulai pada Kamis, 10 Agustus 2023. Ini artinya, mereka hanya memiliki satu minggu untuk bersiap-siap sebelum turnamen dimulai.

Di Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 berada di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste.

Pertandingan perdana mereka akan berlangsung pada Jumat, 18 Agustus 2023, ketika mereka bertemu dengan tim nasional Malaysia.