Berita  

Meskipun Cetak 2 Gol Lawan FC Groningen, Pemandu Bakat Eropa Anggap Marselino Tidak Lebih Unggul dari Wonderkid Timnas Malaysia

Pemain Timnas Paling Potensial Marselino Ferdinan
Pemain Timnas Paling Potensial Marselino Ferdinan (PSSI)

Suporter ID – Arif Aiman, bintang Timnas Malaysia, diakui oleh pemandu bakat Eropa lebih unggul daripada Marselino Ferdinan. Meskipun baru-baru ini Marselino Ferdinan berhasil mencetak dua gol dalam pertandingan melawan klub Liga Belanda, FC Groningen, yang terkenal dengan pengembangan pemain muda berkualitas.

Pertandingan itu terjadi ketika Marselino Ferdinan bermain untuk timnya, KMSK Deinze, dalam pertandingan pra-musim melawan FC Groningen di Belanda pada Minggu, 16 Juli 2023 dini hari waktu Indonesia. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-30 dan berhasil mencetak dua gol!

Berkat gol-gol dari Marselino Ferdinan, KMSK Deinze sempat unggul 2-1 melawan FC Groningen. Meskipun akhirnya KMSK Deinze kalah 2-5 dari FC Groningen, pencapaian Marselino Ferdinan tetap patut diapresiasi.

Pemain tengah berusia 18 tahun ini mampu menembus pertahanan rapat FC Groningen dengan keahlian dan tendangan yang akurat. Meski telah menunjukkan kualitasnya, Marselino Ferdinan masih dianggap memiliki nilai di bawah bintang Timnas Malaysia yang berusia 21 tahun, Arif Aiman, menurut pandangan seorang pemandu bakat bernama emirhan dari Eropa.

Dalam tweet-nya di akun Twitter @EKscouting, emirhan menganggap gaya permainan Marselino Ferdinan mirip dengan James Maddison, namun ia memberikan nilai 7,2/10. Sementara itu, Arif Aiman yang mencetak empat gol saat Timnas Malaysia mengalahkan Papua Nugini 10-0, diberi nilai 8,3.

Meskipun Marselino Ferdinan kalah dalam penilaian dibandingkan dengan Arif Aiman, bukan berarti kualitasnya lebih rendah dari pemain Johor Darul Takzim tersebut. Marselino Ferdinan tetap pantas mendapat apresiasi karena berani berkarier di luar negeri pada usia 18 tahun.

Marselino Ferdinan berani keluar dari zona nyamannya untuk bersaing di negara yang berbeda dalam hal budaya, bahasa, dan makanan dari Indonesia. Sementara itu, Arif Aiman memang lebih cocok bermain di kandangnya sendiri.

Winger yang lincah ini merasa takut untuk berkarier di luar Malaysia. Arif Aiman dengan jujur menyadari bahwa kemampuannya belum cukup untuk bersaing di luar negeri.

“Bermain di klub asing tidaklah mudah. Saya belum cukup baik untuk bermain di Jepang atau Korea,” ujar Arif Aiman seperti yang dikutip dari media Malaysia, Makan Bola, pada Sabtu, 8 Juli 2023.